100 Tahun yang Merubah Segalanya

  • 03:56 WITA
  • Administrator
  • Artikel

Merujuk dan mengutip pada sejarah wabah dunia saat ini, ada sejarah yang sangat menarik untuk dikilas kembali keberadaannya. Sejarah wabah ini bermula dari Tahun 1720 di Francis. Wabah ini bernama “The Great Plague of Marseile” atau lebih dikenal dengan Marseile. Wabah ini menyebabkan kematian sekitar 100.000 ribu orang di Marseile Francis. Bakteri ini disebabkan dan disebarkan oleh lalat yang terkontaminasi oleh bakteri. Berlanjut ke 100 tahun berikutnya yakni 1820 terjadi juga penyebaran wabah yang hampir sama mengerikannya dengan kejadian 100 tahun sebelumnya. Wabah ini disebut Cholera pandemic kurang lebih 100.000 ribu orang mati pada saat itu. Negara yang paling terdampak pada saat itu di terjadi di Asia, namun penyebarannya kali ini bukan dari makhluk hidup tapi dari air yang terkontaminasi dengan bakteri tersebut. Berlanjut ke 100 tahun berikutnya 1920 di spanyol yang dinamakan Spanish flu yg menewaskan lebih dari 100 juta orang di dunia.

Tepat 100 tahun kemudian tepatnya tahun ini 2020 terjadi lagi sejarah yang mematikan itu. sejarah terulang kembali dimana wabah itu dimulai dari kota Wuhan di China yang dinamakan novel corona virus. Penyebab virus ini belum ditau pasti apa penyebabnya, Para ahli virus di dunia belum berani menyimpulkan asal virus ini dari mana. Sekarang mari kita lihat pola kejadian wabah mematikan ini dari  tahun 1720-tahun 1820-tahun 1920-dan tahun 2020. Apakah ini terjadi secara kebetulan atau ada konspirasi dibalik kejadian ini? Semua terjadi diakhiran angka 20. kemudian terulang kembali dengan pola 100 tahun.

Menarik untuk di telusuri tentang Pandemik ini yang menurut saya semua ini terjadi bukan karena kebetulan saja. Saya sebagai orang yang  sering mengikuti perkembangan teori konspirasi di dunia berasumsi bahwa ini adalah teori konspirasi dengan kejadian luar biasa yang mungkin sudah di setting sedemikian rupa atau mungkin memang terjadi secara alamiah berdasarkan ketentuan Takdir penguasa langit dan bumi dan segala isinya. Tapi saya juga tidak menyalahkan atau menuduh kelompok tertentu sebab namanya juga teori konspirasi belum bisa dibuktikan secara fakta bahwa kejadian ini di lakukan oleh kelompok tertentu.

Sekarang kita hidup di tahun 2020 dimana kita masuk kedalam siklus perputaran waktu sejarah yang  terulang setiap 100 tahun sekali, kita dipaksa menghadapi pandemik global. Anda suka atau tidak suka, kita semua dipaksa berjuang melawan musuh yang senyap dan bermutasi secara misterius. Situasi ini bukan perihal biasa-biasa saja, tapi kita sedang berperang!!!Yakin dan percaya bahwa dengan adanya virus corona tatatan kehidupan masyarakat akan berubah total. Kejadian setiap 100 tahun ini merubah tatanan kehidupan masyarakat dunia. Semua benar-benar berubah dari segala sektor tatatanan kehidupan. Awalnya hanya merubah tatanan kesehatan, merambat ke tatanan ekonomi, pendidikan, pariwisata dan  tatanan terakhir sampai ke geopolitik dunia semua terbalik menjadi 180 derajat. Kita tidak akan pernah tau kapan wabah ini berakhir, apakah hitungan bulan atau bahkan hitungan tahun? kita tidak akan pernah tau itu!!!

Ada 2 kemungkinan wabah ini akan berakhir. Pertama akan ditemukan vaksin untuk menangkal virus corona ini. Kedua virus ini akan hilang dan bermutasi, redup dengan sendirinya seperti H1N1 yang sebelumnya begitu berbahaya dan mematikan dan dengan sendirinya menjadi flu biasa seperti flu yang kita alami saat ini. Tapi ini membutuhkan waktu yang panjang.

Bagaimana menyikapi perihal kejadian luar biasa ini? Mari kita mulai dari diri kita masing-masing. Kedisiplinan yang tinggi, rasa tanggung jawab dan empati  yang tinggi adalah cara yang paling ampuh saat ini. Kenapa harus dimulai dari diri sendiri?karena semua ini bermula dari individu ke individu yang lain. Sebenarnya kehidupan kita tanpa disadari kita hidup diantara ribuan bakteri/virus disekeliling kita. Ada yang masuk kedalam tubuh kita dan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia dan ada pula yang bermutasi mati dengan sendirinya dilawan dengan antibodi manusia yang kuat.

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa diri kita terbebas dari virus corona. Karena semua tergantung dari sistem ketahanan tubuh masing-masing. Mungkin saja Anda sedang positif terinveksi virus corona tapi tanpa gejala dan sembuh dengan sendirinya karena Imun anda bagus. Tapi persoalannya tidak berhenti sampai disitu saja. Tapi hal yang paling menyeramkan adalah anda menjadi "carrier" dan menjadi senjata otomatis yang membunuh keluarga anda sendiri dan manusia disekeliling anda. Anda menjelma menjadi pengedar virus mematikan ini. Apakah anda tidak merasa bersalah?Percayalah bahwa virus ini adalah ancaman global yang tidak main-main, memiliki efek domino dengan rasio dampak sistemik luar biasa. Sebelum terlambat mari kita mulai semua ini dari diri kita masing-masing. Lakukan Social Distancing sesuai arahan pemerintah, jaga jarak ketika berinteraksi sosial, jaga kebersihan dan tingkatkan Imunitas diri anda masing-masing.

Hal yang juga menjadi pusat perhatian saat ini adalah bagaimana caranya menjaga imunitas. Semua orang berlomba-lomba mencari suplemen dan melakukan apa saja untuk menjaga imunnya tetap stabil dan tidak rentang terkena virus. Sedikit berbicara tentang imun bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi ketahanan tubuh seseorang. Salah satunya adalah dari Pikiran, ada beberapa tips yang mungin kita semua sudah tau dan pernah juga saya bagikan lewat tulisan status saya di WhatsApp. Saya bukan seorang Dokter apalagi pernah mengenyam pendidikan di dunia kesehatan. Saya berlatar belakang dari akademisi murni, sarjana dan magister saya murni dari pendidikan.Tapi bukan berarti saya tidak tau soal dunia kesehatan, karena kecintaan saya terhadap kesehatan maka saya pernah mengenyam pendidikan non-formal di dunia kesehatan;Training Therapi Holistic 1 dan Training hypnotherapis pernah saya ikuti untuk memperluas wawasan di dunia kesehatan. Maka dari itu saya berani berbagi sedikit ilmu yang saya tau tentang cara meningkatkan imunitas manusia. Adapun cara dari sudut pandang pikiran untuk menjaga imunitas adalah yang pertama, tetap berpikiran positif dan hindari stres sebab pikiran negatif dan stres akan menyebabkan imun rentan terserang penyakit termasuk sicorona ini.

Kedua, lakukan afirmasi positif setiap kali anda bangun tidur atau selesai melaksanakan sholat atau ketika bermeditasi kedalam pikiran bawah sadar anda bahwa:"saya sehat, saya bahagia, dan saya kuat". Perlu diketahui bahwa pikiran manusia itu didominasi oleh pikiran bawah sadar sebesar 88 persen dalam berinteraksi setiap hari dan hanya 12 persen pikiran sadar berperan dalam aktivitas keseharian manusia. Ketiga, ciptakan bahagia anda masing-masing setiap saat, berikan selalu pesan sugesti kebahagiaan pada kehidupan anda agar hormon kebahagiaan didalam tubuh anda aktif. Apa itu hormon kebahagian? hormon itu disebut “endorfin” yang diyakini bisa membunuh sel kanker terganas sekalipun, hormon ini bisa mengalahkan kemoterapi dalam penyembuhan kanker.Jadi mari aktifkan hormon ini untuk menangkal si virus corona. Keempat, tips yang terakhir yang ingin saya bagikan adalah bagi kaum umat Islam hal ini sudah tidak asing lagi bahwa shalat tahajjud bisa meningkatkan imunitas seseorang. Shalat tahajjud yang diwariskan kepada kita melalui baginda Rasulullah saw. adalah tips dan pertahanan paling terakhir saat ini. Shalat tahajjud dengan gerakan shalat dapat memperlancar siklus peredaran darah dan menjadikan imunitas manusia normal dan tahan terhadap serangan virus/bakteri dari jenis apapun.Jadi mari kita mulai dari diri kita sendiri.

Saya yakin bahwa wabah ini tidak akan memusnahkan semua penduduk bumi yang ada saat ini. Saya yakin badai ini akan segera berlalu. Semakin banyak dari kita memulai dari diri sendiri dengan peran kita masing-masing melawan wabah ini maka badai ini akan cepat berlalu pula. Bukankah para orang bijak mengatakan bahwa jika kamu ingin merubah dunia dan isinya mulailah dari diri kamu sendiri dulu. Kondisi ini memang buruk tapi setiap kondisi adalah peluang untuk merubah banyak hal bukan? Mari kita siapkan tameng masing-masing berperang dalam sunyi dan senyap dengan segala kemisteriusan covid-19. Semoga kita sehat selalu dan dalam lindungan Allah swt…aamiin!!!kita pasti menang!!!

 

#Bagikan jika tulisan ini bermanfaat!!!

#Salam kemanusian covid-19

ID Penulis:

BaharDporeDin.

-CEO Multima Training Indonesia

-Founder SCE UINAM

-Trainer dan Praktisi SDM