PBAK PAI 2018: Kebersamaan dalam Perbedaan

  • 05 September 2018
  • 03:03 WITA
  • Administrator
  • Berita

       Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan atau disingkat PBAK tingkat jurusan Pendidikan Agama Islam digelar di Lt Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (Selasa, 4 September 2018). Suasana kebersamaan sangat terasa dalam kegiatan tersebut, bahkan sebelum dimulainya acara. Hal ini dibuktikan dengan kebesaran hati mahasiswa yang rela berbagi makanan nya dengan mahasiswa yang tidak membawa makanan. Suasana kebersamaan semakin terasa dengan padatnya peserta yang hadir. Seperti dikonfirmasi jumlah peserta yang hadir yakni 98 orang padahal kapasitas Lt hanya berkisar 80 orang dan membuat sebagian peserta harus duduk melantai untuk menyaksikan berbagai macam rangkaian acara yang telah dipersiapkan oleh panitia.

     Seperti diketahui, Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan tingkat jurusan Pendidikan Agama Islam, dihadiri oleh Pimpinan dan Staf jurusan beserta pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam sebanyak kurang lebih 80 orang. Sebelum memulai kegiatan, sebelumnya ada pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mahasiswa baru atas nama Fitri, asal provinsi Nusa Tenggara Barat, yang kebetulan pernah menjuarai lomba MTQ tingkat provinsi, dan akan mengikuti MTQ tingkat nasional di Medan, Sumatera Utara. Dalam PBAK tahun ini, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dalam sambutannya mengatakan seluruh mahasiswa PAI yang lolos tahun ini adalah mahasiswa pilihan, yang diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi jurusan PAI, yang saat ini telah meraih akreditasi A. Setali tiga uang, Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam Dr. H. Erwin Hafid.,Lc.,M.Thi.,M.Ed dalam sambutannya juga menjelaskan profil jurusan PAI dan memperkenalkan masing-masing pimpinan dan staf jurusan. Dalam sambutannya beliau juga senantiasa menghimbau kepada mahasiswa baru untuk fokus dalam kuliahnya, dan senantiasa berkreasi yang diwadahi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

    Setelah perkenalan oleh Ketua Jurusan, kegiatan dilanjutkan oleh nasehat akademik yang dibawakan oleh masing-masing dosen pembimbing akademik masing-masing kelompok yakni Dr. Muhammad Rusmin B.,S.Pdi.,M.Pdi yang merupakan penasehat akademik kelompok 1 dan 2 dan Dr. Muzakkir.,M.Pd untuk kelompok 3 dan 4. Dalam arahan nya kedua narasumber berpesan untuk senantiasa berkonsultasi dengan dosen PA setiap semester maupun ketika ada masalah dalam hal akademik, agar proses studi mahasiswa bersangkutan bisa berjalan lancar. Diakhir acara Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam memberikan ucapan selamat datang dan hiburan dalam bentuk  pemutaran video serta perkenalan singkat pengurus lembaga yang hadir dalam kegiatan tersebut.  Usai perkenalan singkat kegiatan PBAK tingkat jurusan Pendidikan Agama Islam ditutup dengan shalat ashar berjamaan di Mesjid Kampus UIN Alauddin Makassar.

Penulis : Ahmad Suryadi