Mahasiswa PAI wakili UINAM dalam PIMNAS FISIP UPNV Yogyakarta

  • 06 Oktober 2018
  • 06:33 WITA
  • Administrator
  • Berita

    Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta me-nyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional (PIMNAS) 2018 dengan tema “Bela Negara dalam Dunia Global” yang berlangsung di Kampus II UPN Veteran Yogyakarta, Babarsari, kota Yogyakarta (1-4 Oktober 2018). Dalam kesempatan tersebut dua orang mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2016 mewakili UIN Alauddin Makassar untuk bertarung dalam ajang lomba debat ilmiah bersama 36 PTN/PTS terbaik diseluruh Indonesia

    Kegiatan ini dibuka oleh  Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan UPN Veteran Yogyakarta, Asep Saifuddin.,S.IP.,M.Si. Dalam sambutannya beliau mengatakan kegiatan ini merupakan wujud implementasi bela negara dalam kalangan mahasiswa, mengingat UPN Veteran Yogyakarta adalah kampus percontohan Bela Negara tak hanya di Yogyakarta, tetapi juga di Indonesia. Lebih lanjut ia juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan selamat berkompetisi secara sportif.

   UIN Alauddin Makassar dalam babak penyisihan tergabung dalam grup empat bersama UNAIR, UGM, UNHAS, UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran Yogyakarta dan Sekolah Tinggi Migas Yogyakarta. Dalam babak penyisihan pertama UIN Alauddin Makassar sukses mengalahkan UIN Sunan Kalijaga, dan sukses meraih posisi ketiga dalam klasmen grup 4 dibawah UGM dan UNAIR. Sementara dibabak penyisihan kedua UIN Alauddin Makassar menghadapi Universitas Sebelas Maret (UNS), meskipun kalah UIN Alauddin Makassar tetap lolos ke babak 16 besar berkat selisih poin cukup jauh dengan UPN Veteran Yogyakarta Tim 4. Dibabak 16 besar UIN Alauddin Makassar bertemu dengan Universitas Gadjah Mada, dan akhirnya mengakui ketangkasan tim lawan. Meski kalah tim UIN Alauddin Makassar patut berbangga karena mereka mendapat kesempatan untuk berkompetisi dengan berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Trofi Juara hanya sebuah penghargaan, tetapi pengalaman adalah hal yang utama, Ujar Fahrul Rahman, mahasiswa PAI dan selaku anggota TIM UIN Alauddin. (AS)