Merajut Kebhinekaan ditengah perbedaan

  • 02:42 WITA
  • Administrator
  • Artikel

Bhineka tunggal ika,kata yang simple namun mengandung makna yang mendalam yang mencerminkan keberagaman bangsa.Sebenarnya apa itu Bhineka Tunggal Ika?Bhinneka Tunggal Ika adalah moto atau semboyan Indonesia. Frasa ini berasal dari bahasa Jawa Kuna dan seringkali diterjemahkan dengan kalimat “Berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti "beraneka ragam" atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti "macam" dan menjadi pembentuk kata "aneka" dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti "satu". Kata ika berarti "itu". Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan "Beraneka Satu Itu", yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan. Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan.

Bhinneka Tunggal Ika merupakan alat pemersatu bangsa. Untuk itu kita harus benar-benar memahami maknanya. Selain semboyan tersebut, negara kita juga memiliki alat-alat pemersatu bangsa yang lain, yakni:

      1)      Dasar Negara Pancasila

      2)      Undang – Undang Dasar 1945

      3)      Bendera Merah Putih sebagai bendera kebangsaan

      4)      Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa persatuan

      5)      Lambang Negara Burung Garuda

      6)      Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

      7)      Lagu-lagu perjuanga

Pada dasarnya keberagaman masyarakat Indonesia menjadi modal dasar dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, sangat diperlukan rasa persatuan dan kesatuan yang tertanam disetiap warga negara Indonesia. Namun, dalam kenyataanya masih ada konflik yang terjadi dengan mengatasnamakan suku, agama, rasa atau antargolongan tertentu. Hal ini menunjukkan  yang ada harusnya bisa menjadi modal bagi bangsa ini untuk menjadi bangsa yang kuat. Untuk mendukungnya, diperlukan persatuan yang kokoh dan kuat. Tetapi, masih banyaki permasalahan yang harus diselesaikan. Salah satunya masih ada bentrokan yang mengatasnamakan suku tertentu dalam hal penggarapan lahan pertanian atau hutan. Hal ini menunjukkan belum adanya kesadaran akan sikap komitmen persatuan dalam keberagaman di Indonesia. Komitmen akan persatuan akan tegak jika peraturan yang mengatur masalah suku atau hak individu ditegakkan dengan baik.

Jika bentrokan ini diakibatkan karena masalah berkaitan dengan hukum, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah mengatur dalam Pasal 28D Ayat (1) bahwa ”Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum.” Dengan demikian, permaslahan dan bentrokan bisa dihindari dengan memberikan perlindungan secara penuh kepada setiap warga negara.

Untuk mempersatukan masyarakat yang beragam, perlu adanya toleransi yang tinggi antarkebudayaan. Sikap saling menghargai antargolongan, mengenali dan mencintai budaya lain dengan cara pengenalan budaya adalah hal yang perlu dibudayakan. Contoh nyata implementasi hal tersebut adalah dengan mempertunjukkan tarian suku-suku yang ada di Indonesia. Dengan demikian setiap suku mempunyai rasa simpati satu sama lain.

Persatuan bangsa merupakan syarat yang mutlak bagi kejayaan Indonesia. Jika masyarakatnya tidak bersatu dan selalu memprioritaskan kepentingannya sendiri, maka cita-cita Indonesia yang terdapat dalam sila ketiga Pancasila akan hanya menjadi mimpi yang tak akan pernah terwujud. Kalian harus mampu menghidupkan kembali semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Keberagaman harus membentuk masyarakat Indonesia yang memiliki toleransi dan rasa saling menghargai untuk menjaga perbedaan tersebut. Kuncinya terdapat pada komitmen persatuan bangsa Indonesia dalam keberagaman nasional.Indonesia yang dikenal sebagai negara multi etnis,multi agama dan multi suku tentu memiliki keberagaman budaya yang berbeda-beda.banyaknya keberagaman tersebut menjadi berkah tersendiri bagi bangsa ini dan menjadi warna bagi Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain didunia.Namun disisi yang lain keberagaman ini menjadi salah satu pemicu konflik internal disebagian daerah di Indonesia.Hal ini tentu  sangat disayangkan mengingat Indonesia sebagai salah satu negara paling toleran di dunia.hampir diseluruh daerah di Indonesia banyak kita temui konflik dan perkelahian antar kelompok baik itu konflik suku,sengketa lahan,hingga konflik agama.Apabila kondisi ini terus dibiarkan maka kesatuan bangsa yang selama ini kita bangun akan pudar bahkan hilang,seperti kita ketahui persatuan bangsa adalah hal paling fundamental yang harus dimiliki bangsa.Mari kita ambil pelajaran dimasa lalu Indonesia dijajah hampir 350 tahun oleh Belanda dilanjutkan dengan penjajahan Jepang yang menyimpan duka mendalam bagi Indonesia.Apa yang menyebabkan Indonesia dijajah sekian lama?jawabannya adalah tidak adanya semangat persatuan dan kesatuan.Saat itu para pemuda Indonesia masih bersifat kedaerahan sehingga rasa persatuan untuk mewujudkan Indonesia merdeka sulit untuk dicapai.Perbedaan diberbagai bidang di Indonesia sangat kental,berikut aneka macam kebhinekaan di Indonesia.

1.Letak Geografis

Indonesia merupakan negara kepulauan dan memiliki kondisi alam yang berbeda-beda, seperti dataran tinggi/pegunungan maupun dataran rendah/pantai sehingga masyarakat yang tinggal didaerah tersebut harus menyesuaikan cara hidupnya dengan alam disekitarnya. Kondisi alam juga mengakibatkan perbedaan mata pencaharian ada yang sebagai petani, nelayan, pedagang pegawai, peternak dan lain-lain sehingga kebinekaan mata pencaharian tersebut dapat menjalin persatuan karena satu sama lain saling membutuhkan.
 2.   Kebhinekaan rasa

Letak Indonesia sangat strategis sehingga Indonesia menjadi tempat persilangan jalur perdagangan. Banyaknya kaum pendatang ke Indonesia mengakibatkan terjadinya akulturasi baik pada ras, agama, kesenian maupun budaya. Ras di Indonesia terdiri dari Papua Melanesoid yang berdiam di Pulau Papua, dengan ciri fisik rambut keriting, bibir tebal dan kulit hitam. RasWeddoid dengan jumlah yang relatif sedikit, seperti orang Kubu, Sakai, Mentawai, Enggano dan Tomuna dengan ciri-ciri fisik, perawakan kecil, kulit sawo matang dan rambut berombak. Selain itu ada Ras MalayanMongoloid berdiam di sebagian besar kepulauan Indonesia, khususnya di Kepulauan Sumatera dan Jawa dengan ciri-ciri rambut ikal atau lurus, muka agak bulat, kulit putih sampai sawo matang. Kebhinekaan tersebut tidak mengurangi persatuan dan kesatuan karena tiap ras saling menghormati dan tidak menganggap ras nya paling unggul. 

3.   Kebhinekaan Suku

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh perairan. Pulau-pulau terisolasi dantidak saling berhubungan. Akibatnya setiap pulau/wilayah memiliki keunikan tersendiri baik dari segi budaya, adat istiadat, kesenian, maupun bahasa. Adanya kebhinekaan tersebut menjadikan Indonesia sangat kaya. Walaupun berbeda tetapi tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Terbukti dengan menempatkan bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi dan persatuan

4.  Agama
             Masuknya kaum pendatang baik yang berniat untuk berdagang maupun menjajah membawa misi penyebaran agama yang mengakibatkan kebinekaan agama di Indonesia. Ada agama Islam, Kristen Katolik, Protestan, Hindu, Budha dan Konghucu serta aliran kepercayaan. Kebhinekaan agama sangat rentan akan konflik, tetapi dengan semangat persatuan dan semboyan bhineka tunggal ika konflik tersebut dapat dikurangi dengan cara saling toleransi antar umat beragama. Setiap agama tidak mengajarkan untuk menganggap agamanya yang paling benar tetapi saling menghormati dan menghargai perbedaan sehingga dapat hidup rukun saling berdampingan dan tolong menolong di masyarakat

 5. Kebhinekaan Budaya

 Budaya adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya manusia dalamrangkakehidupan masyarakat yang dijadikan miliki diri manusia dengan carabelajar. Budaya memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan juga perilaku SDM kearah yang lebih baik. Masuknya kaum pendatang juga mengakibatkan kebhinekaan budaya di Indonesia sehingga budaya tradisional berubah menjadi budaya yang modern tanpa menghilangkan budaya asli Indonesia sendiri seperti budaya sopan santun, kekeluargaan dan gotong royong. Budaya tradisional dan modern hidup berdampingan di masyarakat tanpa saling merendahkan satu

sama lain.

      6.Gender/jenis kelamin

    Perbedaan jenis kelamin adalah sesuatu yang sangat alami, tidak menunjukkan adanya tingkatan. Anggapan kuat bagi laki-laki dan lemah bagi perempuan, adalah tidak benar. Masing-masing mempunyai peran dan tanggungjawab yang saling membutuhkan dan melengkapi. Zaman dahulu kaum perempuan tidak diberi kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya dan seringkali tugasnya dibatasi hanya sekitar rumah saja. Pekerjaan rumah yang itu-itu saja, dianggap tidak banyak menuntut kreatifitas, kecerdasan dan wawasan yang luas, sehingga perempuan dianggap lebih bodoh dan tidak terampil. Sekarang ini perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk sekolah, mengembangkan bakat dan kemampuannya. Banyak kaum wanita yang menduduki posisi penting dalam jabatan publik

   Berbagai macam perbedaan tersebut adalah warna bagi bangsa Indonesia yang seharusnya kita syukuri bukan malah malah kita hindari.Banyaknya konflik yang melibatkan suku,golongan,bahkan agama sekalipun yang terjadi hampir diseluruh wilayah di Indonesia.Yang lebih miris hal yang menyebabkan hanyalah masalah sepele yang seharusnya bisa diselesaikan dengan kekeluargaan bukan menyelesaikan dengan cara konflik,perang bahkan saling membunuh antar atu sama lain.Jika hal ini terus dibiarkan maka dunia akan bertanya dimana kebhinekaan yang selama ini dibanggakan oleh Indonesia,salah satu negara yang dikatakan memiliki rasa toleran yang tinggi.kita seharusnya sebagai generasi penerus bangsa harus segera menghentikan segala hal yang dapat memecah belah rasa persatuan dan kesatuan bangsa.tak perlu menunggu aba-aba dari pemerintah kita sebagai generasi terpelajar harus nya memiliki sifat saling merangkul antar semua kalangan terutama bagi mereka yang tidak memiliki kesempatan nyaman nya mengenyam bangku sekolah,karena mereka adalah pihak yang rawan terkena provokasi dari orang yang tidak senang akan kemajuan bangsa ini.Kebhinekaan yang hampir retak haruslah kita perbaiki mulai dari sekarang,kebhinekaan yang terus memudar akibat tidak ada rasa saling memahami antar kalangan,sikap yang antipati dan tidak menghargai akan perbedaan.Tak perlu mencari siapa dalang atas semua konflik yang ada yang penting apakah kita mau memperbaiki kebhinekaan itu?tak perlu menunggu menjadi seorang Presiden,Ketua DPR atau lain semacamnya untuk bertindak,apakah ada jaminan kita akan hidup sampai saat itu tiba?tak perlu menunggu menjadi yang sempurna mari kita lakukan apa pun yang bisa dilakukan karena eksistensi bangsa ini ada ditangan kita semua.