Survey Kepuasan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam

  • 07 Desember 2022
  • 02:58 WITA
  • Administrator
  • Berita

Latar Belakang

Perguruan Tinggi merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional Indonesia dan lembaga pendidikan formal yang mempersiapkan SDM dari level Sekolah Menengah Umum menuju Pendidikan Tinggi dengan tingkat kemampuan analisa dan pemahaman yang lebih tinggi dari sebelumnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mendukung pencapaian alumni yang berkualitas adalah dengan input yang baik melalui proses belajar yang sehat, ketersediaan SD (dosen), dan pelayanan yang bisa memfasilitasi kebutuhan belajar mahasiswa sehingga mereka dapat belajar dengan baik dan mampu berkompetisi di dunia kerja kelak.

Mahasiswa adalah orang yang terdaftar pada perguruan tinggi atau orang yang menjalani pendidikan diperguruan tinggi. Sedangkan dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Prodi Pendidikan Agama Islam sebagai penyelenggara pendidikan memberikan layanan akademik maupun non akademik kepada mahasiswa. Oleh karena itu, untuk mengetahui keberhasilan pemberian layanan tersebut dilakukan pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap kinerja mengajar dosen, layanan administrasi akademik oleh program studi, prasarana dan sarana pembelajaran di program studi Magister Pendidikan Agama Islam.

 Prodi Pendidikan Agama Islam merupakan bagian integral dari Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN) Makassar telah menetapkan Visi dan Misi serta Dokumen SPMI. Implementasi sistem penjaminan mutu pada Prodi Pendidikan Agama Islam adalah  salah  satu  proses  yang  secara  rutin  dilakukan  dalam  rangka menjaga  keberlangsungan sebuah  sistem  sesuai  dengan  tahapan  SPMI   yang  telah  ditetapkan. Pengukuran  kepuasan  mahasiswa terhadap kinerja dosen, layanan administrasi akademik oleh program studi, prasarana dan sarana pembelajaran di program studi merupakan bagian dari proses evaluasi yang pelaksanaannya diatur oleh Gugus Penjaminan Mutu Prodi Pendidikan Agama Islam.

Survey kepuasan mahasiswa ini dilakukan untuk menjaring tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan yang diberikan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam. Hasil survey ini akan menjadi masukan bagi perbaikan maupun peningkatan kualitas pelayanan di Prodi Pendidikan Agama Islam di masa selanjutnya.

Hasil Survey: Pelaksanaan survey dilaksanakan bulan oktober-november 2022


Indikator Survey Sangat Baik Baik Cukup Kurang Sangat Kurang
Kinerja Mengajar DTPS       60   38      2      0         0
Layanan Administrasi Akademik oleh PS       62   36      2     0         0
Prasarana dan Sarana Pembelajaran di PS       43    45     9     3        0